Selasa, 05 Maret 2013

7 Legenda Hantu Jepang




Cerita tentang hantu atau makhluk gaib memang tidak pernah ada habisnya,namun di setiap negara memiliki cerita atau legenda yang berbeda-beda.dan yang akan saya angkat ke dalam posting kali ini adalah cerita hantu Jepang .Hampir sama dengan di Indonesia ada banyak cerita tentang hantu yang sepertinya tidak pernah basi
    Kita mulai dari yang pertama :


1. Kuchisake-onna (perempuan bermulut robek) 

Di Jepang,banyak sekali dapat kita temui seorang wanita yang mengenakan masker namun ini merupakan pemandangan yang biasa sebab orang-orang disana memakainya untuk mencegah penularan penyakit seperti flu,batuk dan lainnya.

Namun apabila ada wanita yang tak lazim datang dan akan mencegat dan bertanya, 'Apakah aku cantik?' maka mulailah untuk mulai berfikir saat akan menjawab,karena bila korban berkata"tidak", ia akan membunuh korbannya dengan gunting yang selalu ia bawa,dan jika korban menjawab "Iya" maka akan muncul pertanyaan 'Meskipun begini?' sembari ia membuka masker untuk memperlihatkan bahwa ujung mulutnya robek sampai ke telinga,dan bila korban menjawab "Iya" untuk kedua kalinya maka ia akan menggunting mulut korbannya agar sama dengan mulutnya.

Konon untuk menghindarinya korban dapat menjatuhkan buah-buahan atau manisan agar di pungut olehnya dan korban punya kesempatan untuk selamatkan diri dengan berlari menjauh dari Kuchisake-Onna.

 

2. Sadako Sasaki

Sadako adalah hantu wanita yang mati bunuh diri dengan cara terjun ke dalam sumur tua,
sehingga penampakan hantu sadako pun keluar dari sumur dengan cara merangkak.
Banyak diceritakan di jepang ,bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar sumur tersebut
sering melihat Sadako berdiri di tepi sumur atau sedang merangkak keluar dari sumur.
Kisahnya pun di angkat kedalam sebuah film yang berjudul "The Ring".
 
 
3.  Khasima Reiko San

 
Cerita ini berasal dari kota Hokkaido,Kashima adalah hantu seorang wanita tanpa kaki,menurut kisahnya suatu malam Khasima diserang oleh sekelompok orang yang tidak di kenal, mereka menyiksanya sampai ia sekarat lalu mereka pun meninggalkanya di tepi jalan raya.Khasima berteriak meminta bantuan tetapi tidak ada yang mendengarnya.saat ia masih dalam keadaan sadar,ia merangkak dan akan melintas ke sebuah rel kereta api, tiba-tiba ia langsung pingsan tak sadarkan diri di rel kereta tersebut.pada saat ia pingsan, sebuah kereta datang dan langsung membelah tubuhnya menjadi dua bagian. Setelah kematiannya Khasima di ceritakan sering menampakkan diri guna mencari bagian kakinya yang hilang. 




4. Rokurokubi  Hantu Leher Panjang

Di Jepang,Mayoritas penduduknya beragama Budha,pada sebuah kepercayaan,hantu Rokurokubi di percayai telah mengingkari atau melanggar peraturan dalam agama Budha dan dia di kutuk memiliki leher yang sangat panjang.
Dan gosipnya hantu leher panjang ini pada siang hari akan terlihat seperti manusia biasa bahkan ia membaur dengan masyarakat dan memiliki keluarga,akan tetapi pada saat malam hari lehernya akan memanjang dikarenakan kutukan tersebut.
 
 
5. Toire na hanako

 
Hanako adalah hantu yang diduga arwah seorang murid SD yang meninggal karena bunuh diri karena di tindas oleh teman sebayanya.Hantu ini di percaya sering menampakkan diri di dalam kamar mandi wanita di sekolah.dengan matanya yang bersinar dia menakuti korbannya.
 
 
6. Ubume

 
 

Ubume di gambarkan sebagai hantu dengan mode pakaian yang umum,mengenakan pakaian serba putih dan berambut panjang,
Ubume dikisahkan meninggal pada saat sedang mengandung atau pada saat melahirkan,yang unik dari cerita hantu ini:dia dapat berbelanja,biasanya ia membeli permen atau makanan untuk anaknya,saat ia membelanjakan uangnya maka manusia akan melihat bahwa ia membayar dengan uang tetapi setelah sadar maka uang itu berubah menjadi lembaran daun kering.
 
 
 
7. Yuki Onna

Legenda Yuki Onna (Hantu Wanita Salju) di kisahkan bahwa ia adalah istri seorang tukang kayu yang melanggar suatu janji (yg tidak jelas apa dan dgn siapa) yang secara tiba-tiba menghilang pada saat ia berada di sebuah pemandian air panas,Yuki Onna di gambarkan dengan seorang wanita yang menggunakan gaun panjang berwarna perak dan dapat berubah menjadi bongkahan salju yang terbungkus kain berwarna perak.
di ceritakan dia menampakan wujudnya di dalam hutan lebat dan dingin dan ia membunuh pemuda-pemuda yang jatuh hati padanya di dalam hutan.
 
Tuhan menciptakan makhluknya untuk hidup berdampingan,dan manusia adalah makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna...
 

1 komentar:

  1. halo, mau koreksi sedikit.
    hantu sadako bukan sadako sasaki, tapi sadako yamamura. sadako sasaki justru bisa dibilang salah satu heroine jepang.

    BalasHapus